Parenting

Pilah-Pilih Sekolah di Jakarta

deee96224d487c8f4335f3cdbf9300bdresNet7_5

Sudah hampir tahun ajaran baru  ya Moms? Hihi gak kerasa deh ya… Gimana, udah dapet sekolah baru untuk putra putrinya? Ternyata gak gampang ya nyari sekolah yang benar-benar cocok. Ada yang cocok kurikulumnya, eh gak cocok harganya. Ada yang cocok harganya, eh jaraknya jauh dari rumah. Ada yang deket rumah, eh gurunya jutek. Dan sebagainya lah ya… pasti banyak pertimbangan memilih sekolah yang cocok untuk anak kita.

Kata kuncinya adalah COCOK. Cocok untuk anak kita belum tentu cocok untuk anak tetangga. Bagus untuk kita belum tentu bagus untuk orang lain. Karena nilai-nilai masing-masing keluarga berbeda-beda. Tujuan orang tua menyekolahkan anaknya juga berbeda-beda.

Berikut ini beberapa nama Sekolah Dasar yang aku datangi tahun lalu ketika memilih sekolah untuk Javas. Kriteriaku memilih sekolah pernah kutulis di sini ya, barangkali ada yang cocok, kriteria kita hampir sama, mudah-mudahan info ini bermanfaat.

Kriteria pokoknya adalah Sekolah Dasar Islam, lokasi di seputaran Karet, Setiabudi, dan Kuningan Jakarta  Selatan. Info ini (terutama biaya sekolah) berlaku untuk tahun ajaran 2016/2017 ya. Sumber: Brosur Sekolah dan wawancara dengan pihak sekolah.

  1. Azhari Islamic School
azhari.JPG
foto dari web azhari school

Azhari Islamic School adalah cabang Al Azhar Cairo Mesir di Indonesia, berdasarkan penandatanganan kerjasama Yayasan Waqaf Cakrawala Insan Azhari dengan Al Azhar Cairo pada tanggal 12 Januari 2004. Misi sekolah ini adalah membimbing dan mengajar siswa untuk memiliki keimanan yang kuat, berwawasan luas, berakhlak mulia, terampil, kreatif, berpikiran bebas dan berkarya.

Kurikulum:

  1. Al Azhar Cairo Mesir: Bahasa Arab, Islamic, Tahfidz Qur’an
  2. Diknas
  3. Buku dari Singapore: Math, English, Science

Target Lulusan:

  1. Dapat menerapkan nilai-nilai Islam yang bersifat universal dalam kehidupan.
  2. Tahfidz Al Qur’an 18 Juz untuk SD.
  3. Mampu berbahasa Inggris dan Arab dengan penguasaan 2000 kosa kata.
  4. Memiliki kemampuan Akademik yang tinggi terutama di bidang sains dan matematika.
  5. Memiliki kecakapan entrepreneurship dan leadership.

Fasilitas: lokkasi strategis, 1 kelas 2 guru 24 siswa, full AC room + infocus, lab computer, lab IPA, perpustakaan, masjid, bus sekolah (antar jemput), kantin, lapangan futsal, Arabic & English native teacher.

Kegiatan rutin: renang, lomba-lomba, Pramuka, Book day, Science Day, Filed Trip, Culture Day.

Ekstrakurikuler: Karya Ilmiah Siswa, Futsal, Aikido, Painting, Samman Dance, Seni baca Qur’an, robotic.

Biaya Pendidikan: Uang Masuk Rp 28.625.000 dan SPP Rp 1.300.000/bulan. Belum termasuk catering, jemputan, dan ekskul.

Alamat:  Jl. KH Ilyas No.39 Karet Kuningan Setiabudi, Rasuna Said Jakarta Selatan. Telp 021-57950043. Di lokasi ini selain ada Primary School juga terdapat Kindergarten Azhari Islamic School.  Selain itu juga terdapat MI dan MTs Tanwirul Qulub.

Wow banget ya target lulusannya, 18 juz. Biaya juga cukup wow bagiku 🙂

 

  1. SD Laboratorium PGSD FIP UNJ
lab school.JPG
foto dari web sd lab pgsd

Lebih popular dengan nama SD Lab atau Lab School. Berlokasi di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, di Jl. Setiabudi I No.1 Setiabudi Jakarta Selatan, telp. 5279895.

Misi Sekolah:

  1. Menciptakan inovasi dalam pembelajaran, dan dapat melaksanakan evaluasi proses dan hasil secara klasikal, kelompok, dan individual.
  2. Mengembangkan budaya local dalam rangka pelestarian lingkungan dan budaya nasional.
  3. Menjadi tempat penelitian pendidikan dalam rangka menyikapi tantangan kemajuan.
  4. Melaksanakan program inklusi.

Fasilitas: gedung sekolah permanen (iya laah… 40 tahun yg lalu suamiku pun sekolahnya di sini :)), halaman luas, lokasi strategis dan mudah dijangkau, parkir luas, ruang kelas ber-AC, perpustakaan, ruang khusus siswa ABK, aula serbaguna, ruang computer, kantin jujur, ruang UKS, lab IPA, lab Bahasa, lab Matematika. Kapasitas kelas dibatasi 1 kelas 25 siswa.

Jam belajar:  Senin-Kamis 07.00-12.30 (kelas 1 sd 3), Senin-Kamis 07.00-13.30 (kelas 4 sd 6), Jumat 07.00-13.00. Sabtu berenang 08.00-10.00.

Ekstrakurikuler dan kegiatan rutin:

  1. Kegiatan jasmaniah: berenang, futsal,  taekwondo, Pramuka.
  2. Kegiatan rohaniah: TPA, pemutaran film religi/budi pekerti, praktek sholat dhuhur dan dhuha,kebaktian bagi siswa Kristen.
  3. Kegiatan keilmuan: matematika (metode self learning bekerja sama dengan Shinkenjuku Jepang), Bahasa Inggris (interaktif dengan native speaker), Komputer.
  4. Kegiatan Seni Budaya dan Keterampilan: marching band, menggambar, menari, life skill.

Biaya Pendidikan: Uang Masuk Rp 5.000.000 dan SPP Rp 500.000/bulan. Belum termasuk catering dan ekskul.

Untuk yang nyari sekolah umum (bukan berbasis agama) sekolah ini worth to try banget kan…

 

  1. SD Ar Rahman Motik

SD Ar Rahman Motik dengan metode pembelajaran Active Learning Every Day menggunakan kurikulum nasional terintegrasi dengan nilai-nilai agama Islam.

Sekolah yang mempunyai motto Terdepan dalam Prestasi Utama pada Pembinaan Akhlak ini mempunyai fasilitas: multimedia interaktif, lapangan, studio rekaman, bangunan sekolah permanen, bis sekolah antar jemput, ruang kelas ber-AC, masjid, kantin, dan koperasi.

Ekstra Kurikuler: menggambar, music, khatam, basket, Bahasa Inggris.

Klub: Sains (IT, robot), Fun Math Club, animasi, futsal, khatam dan tahfidh, basket, marawis dan qasidah.

Kegiatan rutin: Study Wisata, Islamic Leadership Outbond, khatam & tahfidz.

Biaya Pendidikan: Uang Pangkal Rp 22.500.000, Dana Sosial minimal Rp 1.000.000. SPP Rp 1.000.000/bulan. Dana Pendidikan Rp 4.500.000/tahun.

Alamat: Jl. Setiabudi Utara Blok D 1,2,3 Kuningan Jakarta Selatan. Telp 021-52921940, 52921943. Fax: 5223066.

Sebenarnya agak lebih cocok disebut sekolah umum daripada sekolah Islam, mengingat kurikulum tambahan untuk muatan Islamnya ‘hanya’ belajar baca Al Qur’an dan tahfidz surat-surat pendek. Seragam siswinya pun seperti seragam sekolah umum, tidak diwajibkan berjilbab.

 

  1. Madrasah Ibtidaiyah At Taufieq
taufik
foto dari nusagates .com

Fasilitas: Lab bahasa 40 unit, lab komputer, lab IPA, kantin dan koperasi, alat-alat kesenian, perpustakaan, musholla.

Ekstra kurikuler dan kegiatan: Paskibra, dokter kecil, Pramuka, marawis, qasidah, karate, muhadhoroh, komputer.

Biaya Pendidikan: Uang Masuk Rp 1.800.000. SPP Rp 150.000/bulan sudah termasuk ekskul dan komite.

Alamat: Jl. Perintis No.10 Kuningan Timur Jakarta Selatan. Telp 021-5270638.

Walau nampak kecil tapi sekolah ini terlihat bersih dan asri.

 

  1. SDIT Al Mughni
mughni.jpg
foto dari berita jakarta .com

Sekolah yyanng terakreditasi A ini memiliki visi: melahirkan pemimpin berkepribadiaan islami yang unggul dalam IMTAQ dan IPTEK, berpegang teguh pada Al Quran dan Hadist.

Tujuan:

  1. Menyelaraskan kurikulum Diknas, Kemenag, dan muatan lokal.
  2. Memvariasikan pendidikan formal dan informal dengan suasana belajar & mengajar yang menyenangkan.
  3. Ketercapian siswa akan aspek kognitif, afektif, dan ppsikomotorik di dalam keimanan yang lurus, ibadah yang benar, perilaku mulia, intelektual tinggi dan wawasan yang lus.

Fasilitas:  gedung sekolah berlantai 5, masjid berlantai 3, halaman (utk upacara, olah raga, tempat bermain), lab komputer, lab sains, ruang UKS, kebun IPA (kulihat benar-benar ada kebun di lantai atas), perpuustakaan manual dan digital, bank sekolah, catering dan antar jemput, kelas ber-Ac dan TV 32-42”, lokasi strategis dan mudah dijangkau, absen finger print.

Keunggulan:

  1. Every day with Qur’an
  2. Thfidzul Qur’an
  3. English camp
  4. Full day school
  5. Profesional service

Biaya pendidikan: uang masuk Rp 15.450.000 SPP 600.000/bulan belum termasuk catering dan jemputan.

Alamat: Jl. Jend Gatot Subroto Kav.26 Kuningan Timur, Setiabudi Jakarta Selatan. Telp 021-52961471.

 

  1. SDI Mubasyirin

Sekolah ini berdiri sejak 5 Januari 1970, berstatus Disamakan, terakreditasi B, dan memiliki visi menjadikan peserta didik yang berakhlak mulia didasarkan pada keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, cerdas, terampil, bertanggung jawab kepada diri dan lingkungannya, cinta tanah air serta berkepribadian.

Fasilitas: gedung sekolah bertingkat, masjid, aula, lab komputer, lapangan sekolah, ruang UKS, perpustakaan, koperasi sekolah, sarana olah raga (tenis meja, basket, sepak bola), lingkungan kondusif dan strategis.

Kurikulum yang diterapkan adlah kurikulum yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan kurikulum yang dibuat oleh sekolah (kurikulum lokal), dengan Bahasa Indonesia sebagai pengantar dan bahasa Inggris serta Bahasa Arab sebagai bahasa penunjang.

Ekstrakurikuler:

  1. Olah Raga: tenis meja, futsal, tapak suci.
  2. Kesenian: Calung, rampak gendang, rebana, marawis, angklung, tarian daerah.
  3. Keagamaan: Bimbingan baca Al Qur’an dan Iqra, tilawatil Qur’an dan tahfidz.
  4. Pramuka

Waktu belajar: 06.30 – 11.00 (kelas 1), 06.30 – 12.00 (kelas 2), 06.30 – 12.30 (kelas 3 s.d 6), 13.00 – 15.00 (kelas 3 s.d 6).

Biaya pendidikan: Uang masuk Rp 3.020.000, SPP lupa nanya dan gak diinfokan di brosur.

Alamat: Jl. Karbela Selatan No.1 Setiabudi Jakarta Selatan. Telp 021-5224116. Di lokasi ini juga terdapat SMPI Mubasyirin, dengan ruangan kelas bergantian dengan siswa SD.

 

  1. SDIT RPI (Rumah Pendidikan Islam)

Sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan Rumah Pendidikan Islam ini berdiri sejak tahun 1976.

Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan kurikulum pengembangan pendidikan agama Islam yang disusun sendiri oleh sekolah disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan visi misi sekolah.

Ekstrakurikuler dan kegiatan pendukung: Outbond, karya ilmiah, silat Merpati Putih, Upacara, Mabid Ramadhan, Parenting class, dll.

Biaya Pendidikan: Pendaftaran Rp 8.420.000, SPP 450.000/bulan.

Alamat: Jl. HR Rasuna Said Kav X2-2 Kuningan Timur Setiabudi Jakarta Selatan. Telp 021-98251046.

 

  1. MI Tanwirul Qulub

Yayasan Pendidikan Islam Tanwirul Qulub didirikan sejak tahun 1956 memilliki visi menjadi wadah pengembangan ilmu pengetahuan dasar terpadu dan pembinaan akhlaqul karimah.

Pola pendidikan:

  1. Perpaduan antara kurikulum Depag, Diknas, dan kurikulum khusus (Timur Tengah)
  2. Pola Kurikulum tingkat satuan pendidikan
  3. Penyelarasan dan perpaduan ranah kognitif, afeektif, psikomotorik dalam proses pembelajaran.

Tujuan pendidikan:

  1. Hafal & dapat membaca Al Qur’an dengan fasih.
  2. Memahami dasar ilmu agama secara komprehensif.
  3. Menguasai dasar ilmu pengetahuan alam dengan baik.
  4. Menguasai dasar-dasar matematika dengan baik.
  5. Memiliki keterampilan berbahasa (Indonesia, Arab, Inggris) dengan baik.
  6. Memiliki akhlak dan budi pekerti luhur.

Fasilitas: gedung milik sendiri, lab komputer, perpustakaan, perlengkapan media dalam kelas, ruangan AC, LCD proyektor, masjid, lapangan upacara.

Ekstrakurikuler: komputer, muhadhoroh, pencak silat, paskibra, marawis, futsal, basket, pengajian kitab hadist, renang, lukis, pramuka.

Jam belajar: kelas 1-2 jam 06.30 s.d 11.00, kelas 3 jam 06.30 s.d 11.40, kelas 4-6 06.30 s.d 13.30.

Biaya pendidikan: Uang masuk Rp 3.285.000 (putri) atau Rp 3.180.000 (putra), SPP 200.000. Terdapat bea siswa bagi siswa/siswi yang kurang mampu dan berprestasi.

Alamat: Jl. KH Ilyas No.39 Karet Kuningan Jakarta Selatan. Telp 021-57950046, 5223036. Di lokasi ini juga terdapat MTs Tanwirul Qulub, dan Azhari Islamic School yang sudah dipaparkan di atas.

Demikianlah paparan singkat mengenai 8 sekolah yang pernah kusurvey. Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat. Selamat mencari sekolah yang  tepat dear parents…

Oh ya, kalau ada yang mau mencari info tentang TK di sekitaran Setiabudi  Jakarta Selatan, nanti kutuliskan juga ya…

 

 

Advertisements

1 thought on “Pilah-Pilih Sekolah di Jakarta”

  1. Pilih yg dekat murah sangat berkualitas dan bisa menjadikan putra putri yg Soleh solihah taat ibadah serta sukses dunia akhirat 😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s